Kontak Kami

Selamat berbelanja, Shopper!

Buka jam 08.00 s/d jam 15.00 , Sabtu jam 08.00 s/d jam 12.00 Minggu & Hari Besar Tutup
JAB Feed menyediakan produk konsentrat untuk sapi perah & sapi potong serta peralatan peternakan dengan harga yang bersaing JAB Feed menerima produk kusus (custome product) High On Nutriens, Low in Prices JAB Feed "Solusi Pakan Ternak Percaya"
Beranda » Artikel Terbaru » Anjuran Ransum pada Sapi Perah

Anjuran Ransum pada Sapi Perah

Diposting pada 2 August 2020 oleh indra indra

Keberhasilan usaha peternakan dipengaruhi oleh tata cara  pemeliharaan yang dilakukan oleh si peternak. Untuk mendapatkan hasil yang maskimal, hal-hal penting yang harus diperhatikan antra lain: perkandangan, pemberian pakan, dan kesehatan ternak.

Dalam artikel JABfeed kali ini akan mengulik tentang pemberian pakan pada sapi khusunya sapi perah. Untuk peternak sapi perah jika ingin menghasilkan susu yang banyak dan bernilai gizi tinggi, maka asupan yang diperoleh sapi haruslah  berkualitas sesuai pola makan sapi yang baik. Diantaranya makanan, minuman dan obat perangsang yang baik, dimana hal tersebut sudah tersedia di JABfeed :))

Pakan untuk sapi perah terdiri atas pakan kasar atau hijauan & pakan penguat atau yang biasa disebut konsentrat.

Pakan kasar (hijauan) adalah makanan yang banyak mengandung serat kasar seperti yang kita ketahui bersama seperti rerumputan. Rumput yang biasa diberikan pada sapi adalah rumput gajah, rumput setaria, rumput kinggrass, tebon jagung dan lain sebagainya.

Pakan penguat (konsentrat) adalah pakan yang kadar seratnya sendah serta mudah dicerna. Konsentrat merupakan campuran dari berbagai bahan pakan yang memiliki  kadar protein, karbohidrat yang tinggi dan kadar serat kasar yang rendah yang dilengkapi dengan unsur-unsur vitamin dan mineral. JABfeed mempunyai beberapa jenis konsentrat untuk sapi laktasi dimana semuanya adalah laktasi tinggi diantaranya, JABfeed Plus, JABfeed Super 1, JABfeed Super 2. Dengan spesifikasi masing-msing produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.

 

 

Yang penting diperhatikan dalam pemberian pakan pada sapi perah adalah kandungan serat kasar yang terlalu tinggi dapat menurunkan konsumsi pakan. Pemberian hijauan dan konsentrat secara bersamaan dapat berakibat pada penurunan kecernaan bahan kering dan bahan oprganik ransum. Maka dari itu JABfeed sudah merangkum tips pemberian konsentrat, sebagai berikut:

WAKTU & PROSENTASENYA

Jadwal pemberian pakan lebih baik ditetapkan pada jam-jam tertentu dan tidak diubah-ubah. Sebaiknya pemberian pakan konsentrat diberikan dua sampai tiga jam sebelum pakan hijau diberikan. Pemberian jeda waktu seperti ini akan membantu konsumsi pakan ternak menjadi maksimal dan konsentrat dapat dicerna dengan baik.

Konsentrat sebaiknya diberikan berkisar pada 1- 2 % dari bobot sapi, 2x sehari pada pagi hari pukul 07.00 dan sore hari pada pukul 16.00.

Untuk hijauan sebaiknya dipotong sekitar 3-5 cm pemotongan hijauan dapat menigkatkan penetrasi enzim terhadap substrat hingga pada akhirnya bisa menaikan kecernaan bagi ternak. juga sebaiknya diberikan 2-3 kali sehari  pada saat pagi dan siang hari setelah pemerahan.  Kebutuhan hijauan dapat dihitung berdasar BK (bahan kering), kebutuhan BK untuk ternak ruminansia berkisar 10% dari bobot badan.

Perbandingan jumlah konsentrat dan hijauan dalam ransum sapi perah atas dasar bahan kering yang disarankan oleh JABfeed adalah 60% hijauan : 40% konsentrat.

 

Semoga tips ini bisa membantu yaa :))

Bagikan informasi tentang Anjuran Ransum pada Sapi Perah kepada teman atau kerabat Anda.

Anjuran Ransum pada Sapi Perah | JABfeed

Belum ada komentar untuk Anjuran Ransum pada Sapi Perah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR