Kontak Kami

Selamat berbelanja, Shopper!

Buka jam 08.00 s/d jam 15.00 , Sabtu jam 08.00 s/d jam 12.00 Minggu & Hari Besar Tutup
JAB Feed menyediakan produk konsentrat untuk sapi perah & sapi potong serta peralatan peternakan dengan harga yang bersaing JAB Feed menerima produk kusus (custome product) High On Nutriens, Low in Prices JAB Feed "Solusi Pakan Ternak Percaya"
Beranda » Artikel Terbaru » Anjuran Pemberian Konsentrat pada Sapi Potong

Anjuran Pemberian Konsentrat pada Sapi Potong

Diposting pada 1 August 2020 oleh Arifin Arifin

Keberhasilan usaha peternakan dipengaruhi oleh tata cara  pemeliharaan yang dilakukan oleh si peternak. Untuk mendapatkan hasil yang maskimal, hal-hal penting yang harus diperhatikan antra lain: perkandangan, pemberian pakan, dan kesehatan ternak.

Setelah sebelumya dibahas mengenai pemberian pakan pada sapi perah, dalam artikel JABfeed kali ini akan mengulas tentang pemberian pakan pada sapi khusunya sapi potong. Pada peternakan sapi potong pemberian pakan yang baik dan benar sangatlah penting untuk menggemukkan sapi potong. Pertambahan berat badan sapi tergantung dari beberapa hal diantaranya , jenis sapi,jenis  kelamin, umur, dan pemeliharaan termasuk didalamnya cara pemberian pakan. Untuk mempercepat penggemukan sapi potong, selain diberikan hijauan sapi potong juga dianjurkan diberikan pakan penguat atau konsentrat.

JABfeed sendiri memiliki beberapa jenis konsentrat penggemukan sapi potong antaralain: JABfeed Sapot 2, JABfeed Sapot 3, dan JABfeed Standar 2, untuk detaik dan spesifikasinya bias langsung dilihat didetail produk ya kawan…

WAKTU & PROSENTASENYA

Jadwal pemberian pakan lebih baik ditetapkan pada jam-jam tertentu dan tidak diubah-ubah. Sebaiknya pemberian pakan konsentrat diberikan dua sampai tiga jam sebelum pakan hijau diberikan. Pemberian jeda waktu seperti ini akan membantu konsumsi pakan ternak menjadi maksimal dan konsentrat dapat dicerna dengan baik.

Konsentrat sebaiknya diberikan berkisar pada 1-2% dari bobot sapi, 2x sehari pada pagi hari pukul 07.00 dan sore hari pada pukul 16.00.

Untuk hijauan sebaiknya dipotong sekitar 3-5 cm pemotongan hijauan dapat menigkatkan penetrasi enzim terhadap substrat hingga pada akhirnya bisa menaikan kecernaan bagi ternak. juga sebaiknya diberikan 2-3 kali sehari  pada saat pagi dan siang hari setelah pemerahan.  Kebutuhan hijauan dapat dihitung berdasar BK (bahan kering), kebutuhan BK untuk ternak ruminansia berkisar 10% dari bobot badan.

Perbandingan jumlah konsentrat dan hijauan dalam ransum sapi perah atas dasar bahan kering yang disarankan oleh JABfeed adalah 40% hijauan : 60% konsentrat.

 

Semoga tips ini bisa membantu yaa 

Bagikan informasi tentang Anjuran Pemberian Konsentrat pada Sapi Potong kepada teman atau kerabat Anda.

Anjuran Pemberian Konsentrat pada Sapi Potong | JABfeed

Belum ada komentar untuk Anjuran Pemberian Konsentrat pada Sapi Potong

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
Popular!
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR